Bios Laptop Selalu Minta Seting Tanggal

kali ini saya menjelaskan apabila laptop anda selalu minta seting tanggal terus,.....tak lain adalah batre cmos atau RTC batre sudah tidak ada tegangannya sebesar 3 volt.

Kalau kita perhatikan batre cmos yang orang awam bilang bisa di bilang batre jam banyak macam bentuknya,...ada yang kecil yang tipis ,...yang sedang  dan yang panjang...

Kita tidak usah bingung ,...mau yang kecil ,..yang besar,...yang panjang ,..yang tipis,...tentunya kita tetap berpatokan dengan suplay tegangan 3volt tersebut,dikarenakan RTL dilaptop teteap memerlukan 3volt untuk mengonci hasil setingan yang kita buat.


Banyak sekali pengaruh dari Batre cmos ini,...antara lain sebagai berukut,.:

  1.  Mengonci  setingan waktu diantaranya tanggal dan jam yang sudah kita seting
  2.  Mengunci setingan bios untuk Seting konfigurasi hardist ,...seting SATA atau IDE,...dampak dari setingan ini berdampak bila tidak sesuai windows akan Blue screen aatau tidak masuk Window

Dan masih banyak lagi dampak apa bila bios tidak terkonci akibat batre CMOS tidak lagi mengeluarkan tegangan.

Dan apa bila kita menngganti batre masih tidak mau mengunci,..itu lain lagi.Kalau saya liat kebanyakan ada beberapa orang yang menshorkan tegangan di tempat batre CMOS,hal hasil jalur atau komponen untuk masuk dan keluar batre menjadi short.Hal hasil tegangan batre tidak masuk ke ic semestinya dan hanya berhenti di conector batre saja,dan yang parah lagi si batre short akibat komponen yang bisa di bilang multi saklar dengan sytes kopling short dan menghasilkan batre kepanassan dan mengeluarkan cairan asam seperti asam clorit yang berada di dalam batre dan bila sudah begitu mainboard menjadi oksidasi akibat asam tersebut.

Demikian penjelasan dariku kurang lebihnya semoga bermanfaat,........


www.laptopmatitotal.com. Powered by Blogger.